Hati - Hati Penipuan Oleh Oknum Blogger

Beberapa waktu lalu aku dapat sebuah kabar dari teman blogger. Aku kaget dengan artikel yang di post. Pertama sih ga percaya..namun kemudian ketika aku kontak beberapa teman eh...ternyata banyak kasus seperti itu.

Maka sebelumnya saya memberikan banner agar teman-teman blogger mau memasang di blognya dengan tujuan mengingatkan teman blog-blog kita agar terhindar dari korban penipuan.

Banner tersebut, sengaja kami link-an ke artikel. Dengan tujuan, agar ketika orang mengklik akan terhubung langsung dengan artikel yang memberitahu tentang artikel tersebut.


anda bisa mencopy-paste script



Salah satu artikel aku dapat dari
ndorokakung.com
yang tak salah artikel postingannya berisi seperti ini

Penipu Pecas Ndahe

Benarkah blogger itu tukang tipu? Seseorang pernah menuduh begitu, entah apa dasarnya, dan menuai hujatan dari delapan penjuru angin.

Ternyata, julukan itu mungkin benar adanya, untuk seorang atau beberapa orang yang mengaku sebagai blogger. Kesimpulan ini saya dapat setelah beberapa hari yang lalu, tepatnya 18 Juli 2008, seseorang mengirimkan email ke saya.

Dia bercerita tentang kelakuan seseorang yang mengaku dirinya sebagai blogger dan telah menipu beberapa blogger. Saya baru mengetahuinya kemarin setelah mengecek email-email yang nyasar ke folder spam.

Siapakah dia? Bagaimana pula modus operandinya? Sebelum membaca kelanjutannya, saya ingatkan posting ini sangat panjang, dan tak seperti biasanya.

Untuk mengetahui aksi penipuan itu, silakan baca email dari Julia van De Carpentier yang dikirim ke saya. Emailnya saya kutip kembali sesuai aslinya, tapi saya sunting sedikit di beberapa bagian agar tak terlalu panjang.

***

Ada Engkong2 yg dikenal di blogsphere bernama JUS GOGO.. eh, bukan ding.. maksud saya GUS KOKO.

Saya sbenernya ga kenal banget, hanya tau bhw dia lumayan ngetop di blogsphere, tentu nya bukan di komunitas nDoro.. secara sasaran nya bukan blogger dg status SELEB BLOG NASIONAL.. *cie-cieee*

Bisa dibilang si oknum bau tanah ini berkliaran nyari mangsa di lingkungan emak2 gaul yg terlihat ‘the have’.. walo dia pun menjelajah para lelaki juga..

Walhasil, saya yg the have not ga masuk itungan.

Saya inget persis oknum tua bangka itu pernah datang 1x ke SB saya, sedang saya 1x kunjungan balik, plus 1x lagi waktu blogsphere heboh pas dia KATANYA serangan jantung..

Pertama kali saya datang ke rumah maya lelaki sepuh ituh, ntah kenapa saya udah brasa ga enak, ada yg ga beres dg org itu. Saya sempet bilang ke temen saya yg sering ke blog nya ttg kecurigaan saya, tapi saya malah dimarahin.

Katanya si kakek ituh adalaha sosok tua malang yg bijaksana, tabah menghadapi cobaan dll dst dsb.. cape deeehhh ..!

*blakangan pas tau ending nya.. bwahahaaa.. makan tuh bijaksana-sini-situ..*

Menurut kabar di awal, katanya dia ituh tinggal di Yogya, korban gempa, rumah nya hancur & ga ada pertolongan dari pemerintah.. pokoknya dia sosok yg amat merana & teraniaya tapi tegar menghadapi cobaan lah..

Kl saya siy bodo amat, ga peduli deh.. *hehe* Bukan nya ga punya hati, tp saya koq spt nya ga percaya ama orang ini.. jadi ya ga pentinglah kenal dia lebih jauh…

Apalagi pas postingan serangan jantung ini.

Halaaah.. makin saya yakin die penipu! Skarang pikir aja deh.. Koq anaknya bisa posting di blog bapake..? tau password dari mana coba..? Buseeettt.. trus terang saya mungkin saat itu di cap sebage blogger kejam, karna sempat2 nye saya mencemo’oh si sakit.. Soalnya saya bilang ama temen saya : bohong tuh, ngibul dia.. paling2 cuman sandiwara doang.. ga percaya gw mah..! *baca aja komentar dari siapa aja di postingan ituh.. hahahaaa.. yg berkomentar ternyata calon korban di kemudian hari.. wakakakkk*

Pas udah sembuh, dia sudah sembuh, hahahaaa.. sinetron banget deh!

Nah, minggu trahir ini ternyata blogsphere dihebohkan dg kasus penipuan.. Beberapa atas kesadaran sendiri bikin postingan supaya yg lain jgn jd korban, tapi kebanyakan tutup mulut. Mungkin malu karna ketipu, mungkin ga enak ama ybs *alasan yg aneh!* ato mungkin juga sudah mengikhlaskan & serahkan semua biar Tuhan yg balas..

Lalu, atas pertimbangan yg panjang, mengingat sering kali mendengar & membaca bahwa Blogger BUKAN Penipu, padahal kenyataan nya ADA BLOGGER PENIPU (sampe saat ini udah ada TIGA OKNUM lho..) dan mengetahui bahwa nDoro sebage Manusia Kursi Pesta Blogger 2008, ga ada salah nya saya melaporkan hal ini pada Sampeyan..

Setelah saya laporkan, ya terserah Sampeyan nDor, mo melakukan apa…

Berikut inih hasil investigasi saya selama hampir seminggu. Ini adalah daftar *yg katanya* korban plus *katanya* jumlah nominal nya..

1. Anangku, Surabaya, cuman kena mbayarin makan.. dia slamat, karna kebetulan ga bawa uang banyak. Katanya sempet mo minjem duit sejuta buat biaya hidup si oknum.. Abis dari tempat Anang, dia ke tempat Ipam.

2. Ipam, ga mau ngaku kena brapa, tapi kabarnya dia kena 2juta dg modus bisnis ikan air tawar.. haiyah! Ipam posting sharing di blognya, baca komentar orang2 disana..)

3. Andi Bagus, Surabaya, sama kaya Ipam, ga mau ngaku.. tapi saye berhasil dapet info katanya dia kena 3 juta untuk bisnis ikan juga.

4. Rosa, ga jelas kena berapa, tapi kaya nya ga banyak.. tapi Rosa keki banget lalu posting uneg2 nya.. Anang bukan nya posting, malah curhat disini.

5.Ani, sepanjang pengetahuan saye & orang2 terdekat di blogsphere ini, Ani yg paling banyak kena nya.. Ga tau nominal brapa..)

6. Indah beberapa ratus ribu sih, soalnya saat itu ada suami nya. Dia posting senang bisa kopdar dg si oknum tanpa nyebut2 mslh uang, tp di postingan blog org lain dia misuh2 juga.

7. Tia, ini 4-5 bulan yg lalu.. ga tau kena brapa, org nya ga mau bilang.

8. Astien, kena 200rb skitar seminggu yg lalu.

Mungkin masih banyak lagi korban nya dan saya yakin itu.. Masalahnya tergantung komunitas.. Informan2 saya ga kenal dg blogger di luar komunitas mereka. Sedangkan si oknum tampaknya hobi BW memperluas wilayah jajahan.

Ayuk juga lolos dari palakan si aki jompo. Sempet si oknum ini bulak-balik tilpun, dasar nasib baik, saat itu lagi repot2nya RUPS dan macem2 di kantor, jd tilpun si tua itu ga digubris nya. Sempat sih 1x bincang di tilpun, gila aja.. si kake ngajak bisnis pom bensin 12 milyar! Haiyah.. pinteran ajah tua bangka itu.. tau ajah milih tingkatan bisnis yg ditawarin ke korban nya. Bagusnya ga dateng ke kantor ato ke rumah..

Slain GK, ada juga PENIPU lain nya..

Dialah diduga bernama KOPITOZIE.

Banner nya banyak dipasang dimana2.. secara tulisan : BLOGGER BUKAN HACKER banyak menarik minat untuk dipasang deket profile.

Rata2 yg masang tuh para newbie ato anak2 muda & ibu2 segar.. Tanya kenapaaa..

Newbie… soalnya mereka ga ngerti, bhw Banner dg Tulisan BLOGGER BUKAN HACKER adalah link ke blog si Kopi, biar pagerank nya tinggi. Mereka tau nya tulisan itu untuk menggalang persatuan & kesatuan *buset, mau aja dikibulin si Kopi* para Blogger yg dihujat Om Uyo Kuyo. Jadi mereka merasa keren kalo pasang banner gituan.

Ibu2.. sesungguhnya mereka inih target operandi perampokan ala Kopi..

Hahahaaaa.. ngakak banget deh saya! Sumpaaahhh.. ibu2 ituh dudul banget!

Segitu haus kasih sayang nya, sampe2 bisa tergoda bujuk-rayu nya lelaki jelek kurus kering buaya darat-laut-udara..! *buaya apa antimo..*

Tp sekarang si Kopi punya banner baru, yg tulisan nya : KOBARKAN SEMANGAT NGE BLOG MU DEMI KEJAYAAN BLOGGER INDONESIA *haiyah, panjang bener!*

Si Kopi ini dg sukses menebar asmara di SB ibu2 muda, sampe pd terkaing2 blingsatan jungkir balik kunang2 kaya simpanse mabok ganja.. astaga.. astaga.. heran saya!

Korban yg paling fenomenal adalah M.. dia sempet bercerai dari suaminya, syukurlah skarang dia udah waras lagi otaknya & sudah rujuk kembali.

Karna itu, saya ga pasang link nya agar yg baru rujuk ga terganggu..

Kabar yg saya dengar, selain tertusuk panah asmara beracun, dia pun kena uang sejuta sekian. Makanya belakangan pas udah sadar, dia banyak posting curhat penuh amarah dg label : Dodol Garut Bikin Eneg *huahahaaa.. habis manis sepah dibuang niy..*

Korban paling keras kepala adalah Indah.. Smua postingan ttg si Kopi Dangdut Darling itu ditulis dg menggebu2 … *lebay pokonya lah.. eneg baca nya..* Begitu ditegur seseorang, untuk mengingatkan agar jangan terlena, eh dia ngamuk di blog sampe posting ngomel berkali2 karna ga terima *haiyah..*

Padahal dia banyak dinasehatin blogger ibu2 yg tau siapa si Kopi via imel & YM, tapi dia tetep kekeh & keras kepala.. Yasudah, terserah..

Belakangan ketauan deh, kalo Indah juga kena duit walo ngakunya ga banyak.. Ya skitar 500an ribu lah menurut pengakuan dia sih..

Kabar trahir, sampe saat ini mereka masih bergaul akrab, malah si Kopi punya panggilan sayang dari Indah : AY.. wakakakkk.. Gila.. Gila..! Dia suka tulis misyu2 gitulah buat si AY di beberapa postingan.. Payah deh, kalo emak2 kalap udah jatoh cinta..!

Korban yg kami ga sangka2 adalah Ani.. Secara dia keliatan nya ibu & istri yg bahagia, banyak nasehat untuk pemuda2 blogger.. Kesan nya sempurna lah si ibu ini.. Tp diam2 ternyata dia mabok juga, kena pelet dodol garut.. astaga.. astaga..

Pantes, waktu para blogger emak2 rame2 nasehatin Indah, dia cuman diem aja ngga bereaksi & makin lama menarik diri, menjauh dari komunitas tapi tetap keep in touch dg si Kopi.. buseeettt.. ternyata ibu ini sempet cemburu ama Indah..

Wakakakkk! Ibu2 udah pada gemblung rebutan lelaki sontoloyo..

Liat deh di blog lelaki itu, dua ibu muda & segar ini adalah komentator terbanyak di sana *hahahaaa.. sakit perut* Ani 68, Indah 32.. peringkat ke tiga dan seterusnya berkomentar gada yg lebih dari 10 biji doang! See..? Dua ibu2 ini berkompetisi berebut lelaki mesum.. penjahat kelamin!

Dari orang terdekat Ani, saya dpt kabar dia pun kena lumayan banyak.. sekian juta lah.. soalnya kan Ani nanggung ongkos pesawat PP Jakarta-Batam-Jakarta plus biaya hidup si Kopi demi bisa ketemuan di Batam dg Kopi.. Buseeettt.. pesona nya si Kopi itu sampe bikin mata Ani jd buta ya..

Postingan Ani, menurut analisa temen2 ditujukan buat si Kopi.. katanya gitu.. Wallahu’alam..

Dan sejak urusan kasus si Kopi jadi rame dan di bleklis, Indah & Ani kompak menyebut si Kopi dg nama baru ABU RAIHAN.. hihiii.. bini muda ama bini tua kompak bener..

Nyaris jd korban adalah Sheila. si Kopi pikir dia ibu2 muda juga, secara Sheila seringkali posting tentang Denish keponakan nya. Setelah kopdar di rumah Ayuk Devi di Jatiwaringin & tau si Sheila ini masih gadis, si Kopi ga mau lagi ngomong ama Sheila *hihi*

Target meleset ada 2 orang..

Si Kopi menebar rayu di SB nya.. awalnya siy slamat pagi.. cantik niy pake baju ijo.. ato apalah gitu.. lama2 mulei menjijikan..

Misalnya.. ibu-ibu segar, ayo merem melek.. ato ibu-ibu segar, ayo tiarap.. ga tau apa lagi..

Wakakakkk.. suwer deh, ampe sakit perut baca curhatan mereka via chatt…

Marah lah 2 ibu ini.. Mereka ga terima karna merasa harkat & martabatnya dilecehkan lelaki brengsek *si Kopi sering kali pk nick lelaki brengsek*

Prima dia langsung ngamuk & nge damprat si Kopi di blog nya. Masalahnya blog dia itu dibaca suami plus teman2 suaminya di kantor..

Ndilalahnya, makian Prima ini yg bales malah Indah *huahahahaaaa.. ga tahan deh untuk ga ketawa sampe guling2.. ternyata si Kopi punya bodyguard yg tersinggung bila si buaya tercintah dimaki orang*

Prima dibales damprat juga ama si Indah.. *hihi.. rame lg dah blogsphere..*

Pipit negur si Kopi baik2. Tapi si gila ituh ga bisa dibilangin, tetep ajah melecehkan dg sapaan2 mesum di SB… Ngadu lah dia sama suami nya. Suami nya marah ga trima! Pas ada kopdar Jatiwaringin Kedua, dibela2in datang naek motor dari Depok, padahal Pipit lg hamil gede.. Gara2nya denger kabar bahwa si Kopi bakalan datang lagi. Mereka nekat ikut kopdar hanya untuk menghajar si Kopi..

Ternyata lelaki mesum itu ga dateng. Feeling mo digebugin kali yeh..

Sukurlah.. secara kalo beneran kejadian, kasian Ayuk Devi yg rumahnya *lagi-lagi* ketempatan acara kopdar.. Bisa jadi urusan tuh kalo sampe ada pertumpahan darah..

Sering liat Kopi di SB ibu2 ninggalin sapa an mesum, akhirnya nyoba2 chatt dg Kopi, nyamar jd cewe 17 tahun..

Dasar si Kopi lelaki mesum, beneran ajah.. si Landy diajakin ngobrolin hal-hal porno, diajarin ML & hal2 bejat gitu deh..

Walhasil si Landy ikutan penasaran mo ketemu si Kopi, makanya dia bela2in datang kopdar Jatiwaringin Pertama dan ketemu lah dg yg namanya Kopitozie..

Nah di kopdar ini, si Landy diajarin cara menggaet ibu2 segar.. Dg modal rayuan & puja-puji, kalo udah kena tinggal porotin uang nya..

Silahkan kroscek ke Landy kalo nDoro ga percaya..

Ada beberapa korban lagi, tapi saye & para informan ga kenal..

Secara mereka dari komunitas lain.. Kita tau nya waktu para korban itu teriak2 maki2 dia di SB & postingan si Kopi.. Ga cuman satu orang lho, tapi ada beberapa lah..

Tp yg paling terasa keliyengan candu asmaranya si Kopi selain Indah & Ani, ada tuh Mba2, tapi saye ngga berhasil melacak link nya. Pernah buka, isinya postingan orang kasmaran gitu, tapi lupa lagi link nya..

nDoro, masih ada 1 lagi kutu blog yg sering minta2 duit di blogsphere dg cara tipu2.. Yg ini cewe.. Panjang lah ceritanya.. Korban nya juga banyak..

Kalo nDoro mau tau, saya bisa aja terusin laporan ini.. Tapi takut nya nDoro udah muak n males nerusin baca urusan ini..

Yah, emang siy laporan saya ini mirip gosip yg memuakkan.. Saya ajah ketawa2 ampe mo muntah.. Tapi sungguh ini bukan gosip apalagi fitnah, karna korban nya jelas & ada link nya.. Jd bisa di kroscek ke ybs..

Kemaren itu mereka para korban sengaja tutup buku, lupakan kisah itu, tau nya dia gentayangan lagi.. Jatoh lagi korban deh.. Pas korban2 baru nya pd curhat & baru tau bahwa ini udah pernah kejadian sebelum nya, ya pada kecewa lah mereka..

Andai nya dulu dikasih tau ttg orang ituh & ga ditutup2in, tentu nya bisa hati2 kalo berhubungan dg dia & ga mungkin kena palak..

Lumayan lho.. dari hasil tipu2 yg terakhir ini, cewe itu meraup duit antara 150rb – 1juta per korban. Kalo dijumlah kira2 brapa tuh, secara korban nya banyak juga.. wedew.. gampang amat dapet duit yaaa..

BLOGGER PENIPU??? BENER ITUH.. BUKAN GOSIP!

*tapi saya lagi males bahas itu di blog saya, nDoro.. ga mut*

Udah ah,
Salam,
Julia van De Carpentier

***

Ki Sanak, terus terang saya belum sempat mengecek dan melakukan verifikasi data di atas. Saya ndak bisa menjamin cerita itu benar-benar ada atau fiktif. Saya juga belum menanyakan langsung kepada para korban. Mohon maaf kepada teman-teman yang namanya tercantum di sini.

Lewat posting ini, saya hanya mau mengingatkan sampean bahwa ada kemungkinan cerita di atas benar-benar terjadi. Sampean bisa menanyakan langsung kepada para blogger yang namanya disebutkan di atas.

Sebelum sampean juga menjadi korban, waspadalah selalu. Hati-hati kalau ada orang tak dikenal dan mengaku sebagai sesama blogger. Mungkin dia cuma hendak memanfaatkan kebaikan hati sampean.

>> Selamat hari Kamis, Ki Sanak. Apakah hari ini sudah ada orang yang mengaku blogger dan hendak pinjam duit ke sampean?

Blogger template 'Pinki' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP