Antara Euphoria 08-08-08 dan Takdir

Mungkin terhitung nanti jam 24.00 Wib dan jarum detik mulai bergulir ke arah kanan, akan menjadi sebuah momen yang istemewa. Sebagian orang sebagai momen istimewa. Pasalnya, besok adalah tanggal cantik yakni 08-08-08 yang sebagian warga cocok untuk kelahiran anak kandungnya.

Dari beberapa sumber yang pink dapatkan melaui browsing malam ini, sedikitnya dari 6 rumah sakit di Surabaya, ada 45 ibu-ibu yang minta melahirkan buah hatinya tepat tanggal triple eight tersebut.

Calon ibunda-ibunda berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri untuk menjalani operasi caesar di enam rumah sakit (RS) di kota ini. Yakni, RS Husada Utama berjumlah 12 orang, RS Darmo berjumlah 8 orang, DKT Gubeng berjumlah 7 orang, RS TNI AU Soemitro berjumlah 4 orang, RKZ berjumlah 4 orang dan RS Lombok 22 berjumlah 10 orang.(detik.com)

Namun begitu, memalui pernyataannya, Dr.Greg, beliau tak sembarang menyetujui permintaan pasien yang ingin melahirkan esok hari. Menurutnya, operasi caesar adalah jalan terakhir yang harus ditempuh saat pasien mengalami kesulitan dalam proses persalinan secara normal.

"Jika memang tak bisa persalinan normal, baru boleh operasi. Jadi, tetap harus ada indikasi medisnya," paparnya saat dihubungi detiksurabaya.com

Sementara menurut spesialis kebidanan dan kandungan dr Amang Surya SpOG bahwa indikasi medis ada dua. Yakni dari pihak ibu dan bayi. Indikasi medis boleh menjalani operasi bila ada faktor penyulit yang membuat si ibu tak bisa menjalani persalinan normal. Antara lain, pinggul sempit, atau plasenta previa (posisi tali pusat menutup jalan lahir, Red). Operasi caesar juga harus dilakukan bila bayi mengalami kegawatan. Misalnya, bayi terbelit tali pusat. Bisa juga karena kondisi bayi yang besar, sehingga tak cukup melewati pinggul ibu.

"Jadi, tak semata karena ingin anaknya lahir di tanggal cantik," jelas Amang.

Indikasi medis sudah diberitahukan ke pasien, termasuk kelebihan dan kelemahan bila menjalani operasi caesar. Kelemahan operasi caesar adalah proses recovery yang lama. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga lebih mahal daripada menjalani persalinan normal.

.."Begitu hebatnya tanggal yang dianggap "istemewa" sehingga mereka berusaha menerobos kodrat dan takdir kelahiran si buah hati. Tidakkah mereka berpikir bahwa amanah yang diberikan melaui rahim kita, adalah sesuatu yang tidak bisa di pastikan.

Namun yang terpenting bukan masalah istimewa hari atau moment tersebut, melainkan bagaimana kita nanti dapat menjaga amanah yang dititipkan Rabbi melalui rahim kita.

Blogger template 'Pinki' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP